Minggu, 27 Mei 2012

Pembekalan Pra 'Amaliyah tadris

Bapak KH. Ma'mun (Pimpinan Ponpes Condong)
Mei 2011
"Undzur Maa Qooluu!" 
Ust. Budi Syihabudin
  • Manusia yang tidak memiliki cita-cita, maka ia sama dengan bangkai hidup.
  • "Tarjunnajaata wa lam tasluk masaalikahaa, innassafiinata laa tajrii 'alal yabas"
  • Terkadang manusia terjebak dengan 'masaalik'(jalan kehidupan) yang bersifat duniawi
  • Dua hal agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat: ridho Orangtua dan ridho guru
  • "Wa kun waatsiqon billaahi min kulli haaditsin"
  • Pendidikan itu lebih penting daripada pengajaran
  • Cara mengajar lebih diprioritaskan daripada materi yang akan diajarkan
  • Ruuhul mudarris: ikhlas, kebeningan hati
  • "Ruuhul mudarris ahammu min kulli syaiin"
  • "khoirutta'allum atta'liim"
  • "annaasu min khoufidzdzdulli fidzdzdulli wannaasu min khoufil khothoi fil khothoi"
  • Tebarkanlah kebaikan dimanapun kamu berada
  • Contoh guru yang salah: di kelas buka laptop malah internetan
  • 'ilmul haal seharusnya lebih dikuasai
  • Seminar Pendidikan karakter sangat dibutuhkan di Indonesia
Ust. Syahruzzaky Romadloni

  • Hidup adalah ujian "Liyabluwakum ayyukum ahsanu 'amalan"
  • Ujian bukan hanya ujian otak, tapi juga disertai macam-macam ujian lainnya. Ujian kesabaran, istiqomah, kejujuran, musabaroh, muwadldlobah.
  • Pendidikan bukan hanya 'aqliyah, tapi juga khuluqiyah, infi'aaliyah, dan ijtimaa'iyyah
  • Mulailah segala sesuatu dari diri sendiri, hal terkecil, dan sekarang
  • Alumni diharapkan menjadi pendidik dan memiliki jiwa seorang guru
  • Guru: digugu dan ditiru. Artinya menjadi tauladan yang baik
  • Syi'ar yang tidak harus menjadi pendakwah. Tapi syi'ar yang baik adalah Qudwah hasanah
  • Jadilah "The best Example"
  • Kriteria penilaian tarbiyah 'amaliyah:
  1. Performance
  2. naqduttadriis
  3. kehadiran
  • Hal-hal yang harus diperhatikan sekaligus syarat tarbiyah 'amaliyah:
  1. Bertanya kepada guru yang bersangkutan, artinya tidak boleh memberikan materi yang telah diajarkan oleh guru haqiq
  2. Membuat I'dad, koreksi kepada pembimping, tanda tangan, fotokopi.
  3. I'dad dibuat rangkap 4: 2 musyrif, panitia, simpan sendiri
  4. Meminta ijin kepada mudarris hishshoh untuk menggantikan jam pelajaran
  5. Arti mufrodat harus memakai bahasa yang digunakan, bukan bahasa indonesia
  6. Wasaa-ilul iidhooh yang jelas
  • Grammar Translation Methodology, ciri-cirinya akan:
  1. mengetahui bahasa yang salah
  2. mengetahui struktur bahasa
  • Methodology, approach, strategy
  • "Faaqidusysyaii laa yu'thii"
Drs. Endang Rahmat (Kepsek SMP)
  • Guru adalah wasilah
  • "al-ummu madrosatun min madaarisil uulaa"
  • 'Ilmun yuntafa'u bihi
  • Guru adalah jabatan paling mulia
  • "Kullu syaiin idzaa katsuro rokhosho illal adabi"
  • Profesi: bidang pekerjaan yang dilandasi dengan keahlian
  • Kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru:
  1. Pedagogik: teknik menguasai bahan ajar
  2. sosial
  3. wirausaha
  4. profesional 
Usth. Yulianti Hasani
  • Bahan naqduttadriis:
  1. Thoriiqoh (Steps of teaching)
  2. Maaddah (Teaching material)
  3. Ahwaal (Teaching attitude)
  4. Alhaan (Language error/mistakes)
  • Istila-istilah yang digunakan dalam tarbiyah 'amaliyah:
  1. Mudarris
  2. Thoolib
  3. Tilmiidz
  4. Musyrif
  • Fungsi naqduttadriis:
  1. untuk menghakimi berdasarkan dalil yang ada
  2. bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dapat diikuti atau dijauhi
  3. melatih kejelian
  4. Pengkritik akan mengetahui guru dari berbagai sisi, mengetahui kepribadian seorang guru
  5. Bicara yang jelas
  6. Menghormati oranglain
  7. Saling bersaing antar teman (Thoolib)
  • Syarat-syarat naqd:
  1. adil, sesuai dengan dalil yang ada
  2. benar, bukan mengada-ngada
  3. saling tolong menolong
  4. bermanfaat
  5. ikhlas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar