"Undzur Maa Qooluu!"
Ust. Budi Syihabudin
- Manusia yang tidak memiliki cita-cita, maka ia sama dengan bangkai hidup.
- "Tarjunnajaata wa lam tasluk masaalikahaa, innassafiinata laa tajrii 'alal yabas"
- Terkadang manusia terjebak dengan 'masaalik'(jalan kehidupan) yang bersifat duniawi
- Dua hal agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat: ridho Orangtua dan ridho guru
- "Wa kun waatsiqon billaahi min kulli haaditsin"
- Pendidikan itu lebih penting daripada pengajaran
- Cara mengajar lebih diprioritaskan daripada materi yang akan diajarkan
- Ruuhul mudarris: ikhlas, kebeningan hati
- "Ruuhul mudarris ahammu min kulli syaiin"
- "khoirutta'allum atta'liim"
- "annaasu min khoufidzdzdulli fidzdzdulli wannaasu min khoufil khothoi fil khothoi"
- Tebarkanlah kebaikan dimanapun kamu berada
- Contoh guru yang salah: di kelas buka laptop malah internetan
- 'ilmul haal seharusnya lebih dikuasai
- Seminar Pendidikan karakter sangat dibutuhkan di Indonesia
- Hidup adalah ujian "Liyabluwakum ayyukum ahsanu 'amalan"
- Ujian bukan hanya ujian otak, tapi juga disertai macam-macam ujian lainnya. Ujian kesabaran, istiqomah, kejujuran, musabaroh, muwadldlobah.
- Pendidikan bukan hanya 'aqliyah, tapi juga khuluqiyah, infi'aaliyah, dan ijtimaa'iyyah
- Mulailah segala sesuatu dari diri sendiri, hal terkecil, dan sekarang
- Alumni diharapkan menjadi pendidik dan memiliki jiwa seorang guru
- Guru: digugu dan ditiru. Artinya menjadi tauladan yang baik
- Syi'ar yang tidak harus menjadi pendakwah. Tapi syi'ar yang baik adalah Qudwah hasanah
- Jadilah "The best Example"
- Kriteria penilaian tarbiyah 'amaliyah:
- Performance
- naqduttadriis
- kehadiran
- Hal-hal yang harus diperhatikan sekaligus syarat tarbiyah 'amaliyah:
- Bertanya kepada guru yang bersangkutan, artinya tidak boleh memberikan materi yang telah diajarkan oleh guru haqiq
- Membuat I'dad, koreksi kepada pembimping, tanda tangan, fotokopi.
- I'dad dibuat rangkap 4: 2 musyrif, panitia, simpan sendiri
- Meminta ijin kepada mudarris hishshoh untuk menggantikan jam pelajaran
- Arti mufrodat harus memakai bahasa yang digunakan, bukan bahasa indonesia
- Wasaa-ilul iidhooh yang jelas
- Grammar Translation Methodology, ciri-cirinya akan:
- mengetahui bahasa yang salah
- mengetahui struktur bahasa
- Methodology, approach, strategy
- "Faaqidusysyaii laa yu'thii"
- Guru adalah wasilah
- "al-ummu madrosatun min madaarisil uulaa"
- 'Ilmun yuntafa'u bihi
- Guru adalah jabatan paling mulia
- "Kullu syaiin idzaa katsuro rokhosho illal adabi"
- Profesi: bidang pekerjaan yang dilandasi dengan keahlian
- Kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru:
- Pedagogik: teknik menguasai bahan ajar
- sosial
- wirausaha
- profesional
- Bahan naqduttadriis:
- Thoriiqoh (Steps of teaching)
- Maaddah (Teaching material)
- Ahwaal (Teaching attitude)
- Alhaan (Language error/mistakes)
- Istila-istilah yang digunakan dalam tarbiyah 'amaliyah:
- Mudarris
- Thoolib
- Tilmiidz
- Musyrif
- Fungsi naqduttadriis:
- untuk menghakimi berdasarkan dalil yang ada
- bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dapat diikuti atau dijauhi
- melatih kejelian
- Pengkritik akan mengetahui guru dari berbagai sisi, mengetahui kepribadian seorang guru
- Bicara yang jelas
- Menghormati oranglain
- Saling bersaing antar teman (Thoolib)
- Syarat-syarat naqd:
- adil, sesuai dengan dalil yang ada
- benar, bukan mengada-ngada
- saling tolong menolong
- bermanfaat
- ikhlas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar